"welcome to my website"

Nilai seseorang tidak ditentukan oleh kemampuan atau penampilan fisik mereka...

Melainkan...

Oleh "pikiran"...
"perbuatan"...
dan "tindakan mereka"...



Jangan pernah berputus asa dalam menggapai impianmu...
karena hanya ada satu orang yang bisa menghentikanmu : yaitu ; dirimu sendiri.

"Dalam hidup ini, kita hanya mendapatkan ...
kembali apa yang kita berikan...
Kepercayaan bila diberikan dengan murah hati...
akan dibalas dengan kepercayaan juga.."

Sabtu, 03 September 2011

Study Kelayakan Bisnis Industri Pengolahan Minyak VCO di Kabupaten Nias


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Indonesia merupakan salah satu negara agraris yang kehidupan perekenomiannya tidak bisa lepas dari sektor pertanian. Perkembangan ekonomi Indonesia yang akhir-akhir ini cenderung mengalami pergeseran sektoral dari sektor pertanian ke sektor non pertanian tidak berarti mengabaikan sektor pertanian. Sektor pertanian tetap memegang peranan penting, karena berperan sebagai penyedia bahan pangan bagi seluruh masyarakat, di sisi lain menopang pertumbuhan industri dalam hal penyediaan bahan baku industri dan mendorong pemerataan pertumbuhan dan dinamika pedesaan.
Indonesia dikenal sebagai salah satu negara tropis penghasil buah-buahan tropis yang sangat dikenal oleh masyarakat internasional, salah satu hasil pertaniannya adalah kelapa. Hampir semua kawasan di Indonesia mudah dijumpai pohon kelapa yang penguasaannya baik secara individu maupun berupa perkebunan rakyat. Di kabupaten Nias kelapa tidak asing lagi bagi masyarakat Nias, karena sebagian besar masyarakatnya memiliki kebun kelapa, ada yang skala besar dan ada juga yang skala kecil dan menengah.
Pohon kelapa sering disebut pohon kehidupan karena mempunyai manfaat yang tidak sedikit bagi kehidupan manusia. Hanya saja di Indonesia pohon kelapa masih kalah pamor dengan salah satu kerabatnya, yaitu kelapa sawit. Namun ditinjau dari ragam produk yang dihasilkan, kelapa mampu memberikan produk yang lebih beragam jenisnya dibandingkan dengan kelapa sawit. Beberapa jenis produk yang dihasilkan oleh kelapa yang tidak dapat ditemukan dalam kelapa sawit antara lain santan, gula kelapa, dan nata de coco. Selain itu produk lainnya yang dapat diperoleh adalah kayu, arang aktif dan berbagai kerajinan yang dihasilkan dengan mendayagunakan setiap bagian dari pohon kelapa.
Pembangunan pertanian bertujuan untuk meningkatkan hasil dan mutu tani, serta meningkatkan pendapatan dan taraf hidup petani. Upaya peningkatan usaha tani ini dilakukan antara lain melalui pasca panen, kebijakan harga yang layak bagi petani, pengembangan dan pemanfaatan teknologi, serta penyediaan sarana dan prasarana produksi yang memadai. 
Kelapa menjadi salah satu hasil pertanian yang mengalami pengolahan lebih lanjut yang diharapkan mampu memberikan pendapatan yang lebih tinggi bila dibandingkan jika kelapa itu hanya dijual dalam bentuk buah saja. Pengolahan buah kelapa yang sering dilakukan oleh pengusaha sebelum dikenal kembali pengolahan minyak kelapa murni adalah pengolahan buah kelapa menjadi kopra.
Pengolahan kopra yang menggunakan buah kelapa sebanyak 5 butir mampu menghasilkan 1 kg kopra. Menurut Rendengan (2004), harga jual kopra pernah mencapai Rp 4.000,00/kg pada tahun 1998 namun harga jual turun pada tahun 2000 menjadi Rp 850,00/kg sedangkan pada pertengahan tahun 2003 mulai meningkat namun tidak kembali ke posisi semula yaitu Rp 1.700,00/kg. Dengan menurunnya harga jual kopra membuat para pengusaha mulai berpikir kreatif dalam mengolah buah kelapa baik yang berasal dari usaha taninya maupun yang diperoleh dari pembelian. Pada akhirnya pengolahan kelapa menjadi minyak kelapa murni atau sering disebut VCO (Virgin Coconut Oil) kembali dilirik, 1 liter VCO dapat dihasilkan dengan mengolah 10 – 15 butir kelapa.
Hal di atas juga diperkuat oleh pendapat Endang yang dipaparkan Paimin (2004), bahwa dari 100 butir kelapa dapat dihasilkan 10 liter VCO, 2 liter minyak goreng krengseng, 4 kg blondo, dan 40 liter air kelapa. Dengan harga jual VCO Rp 9.000,00/l, dan air kelapa Rp 150,00/l, minimal mampu memperoleh pendapatan Rp 122.000,00. Dengan demikian nilai sebutir kelapa meningkat menjadi Rp 1.220,00/butir, kalau pun bahan baku dibeli seharga Rp 900,00/butir, keuntungan Rp 32.000,00/hari masih dapat diterima. Dengan melihat harga jual tersebut di tingkat produsen ternyata mampu memberikan penghasilan yang lebih jika dibandingkan apabila buah kelapa tersebut diolah menjadi produk olahan yang lain seperti kopra.
VCO mulai dikenal orang karena mempunyai banyak keuntungan bagi tubuh manusia, yaitu mencegah penyakit jantung, kanker, diabetes, dan penyakit degeneratif lainnya, memperbaiki pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah infeksi virus HIV dan SARS, serta membantu menurunkan berat badan. Multifungsi ini tidak ditemukan pada minyak kedelai, minyak jagung, minyak sawit, minyak bunga matahari, ataupun minyak hewan, melainkan dari minyak kelapa yang kini lazim disebut Virgin Coconut Oil (Anonim, 2005).
  
B. Rumusan Masalah
 Harga jual VCO yang tinggi yang bisa mencapai Rp. 9.000,00/liter dari tangan produsen menjadi daya tarik yang kuat bagi para pengusaha untuk mengolah lebih lanjut buah kelapa. Itupun belum dihitung dari hasil sampingannya berupa blondo, minyak krengseng, air kelapa ataupun ampas kelapa yang dapat dipakai menjadi pakan ternak. Setiap hari para pengrajin pada umumnya menghasilkan limbah yang mempunyai nilai jual dalam jumlah banyak, dengan kata lain keuntungan juga bertambah. Adapun permasalahan yang timbul yaitu:

1.      Apakah industri rumah tangga Virgin Coconut Oil layak untuk diusahakan di Kabupaten Nias?
2.      Apa saja permasalahan yang timbul dalam industri rumah tangga Virgin Coconut Oil? 

C. Tujuan

1. Mengetahui lebih jauh pengolahan minyak kelapa murni dalam menghasilkan produk yang memenuhi kualitas atau standar mutu yang berlaku.
2.   Untuk mengetahui besarnya keuntungan yang diperoleh serta kelayakan industri rumah tangga virgin coconut oil.


BAB II
TEORI DAN KRITERIA KELAYAKAN USAHA

Minyak Inti Kelapa (VCO)
Salah satu produk yang dikembangkan munculnya VCO yang cukup menarik perhatian sejumlah kalangan mulai dari konsumen pangan, ahli pangan, pemerintah bahkan kaum jurnalis. Produk yang dapat dihasilkan dari daging kelapa segar adalah virgin coconut oil (VCO) atau minyak kelapa murni. VCO merupakan salah satu minyak yang memiliki banyak manfaat dalam bidang industri maupun kesehatan. Dalam dunia industri, VCO digunakan sebagai bahan dasar kosmetik sedangkan di dunia kesehatan sebagai obat-obatan. Itulah sebabnya permintaan VCO meningkat baik didalam maupun di luar negeri.
 Minyak Kelapa Virgin (VCO) mengandung aroma khas kelapa, asam lemak bebas yang rendah (kurang dari 0,07 % sebagai asam larut), tanpa pemurnian mengandung jumlah vitamin E yang maksium dan bebas dari kontaminasi aflatoksin. VCO merupakan minyak stabil, minyak ini tidak rusak dengan adanya panas serta tahan terhadap cahaya dan udara, mempunyai titik asap 198 derajat Celcius dan mengandung vitamin E (tokoferol) yang berperan menjaga kestabilan minyak dan melindungi dari ketegikan. Sifat VCO dapat disimpan dengan mudah pada suhu kamar selama bertahun-tahun.
Adapun standar mutu VCO yang ditetapkan oleh APCC sehingga bisa dikatakan layak untuk sebuah industri adalah sebagai berikut:
Warna
Asam Lemak bebas
Bilangan Peroksida
Kadar Air
Total Mikroba
Bening
<0,5%
<3 meg/kg
0,015%
< 10 cfu

Minyak kelapa yang diolah dari daging kelapa segar sudah dapat disebut VCO, hanya saja kualitas hasil pengolahan tradisional kebanyakan dibawah standar mutu yang diinginkan pasar.

Komposisi Kimia VCO
VCO di bentuk rantai karbon, hydrogen dan oksigen mengandung gugus karboksilat yang disebut asam lemak. Komponen asam lemak akan membentuk gliserida saat bergabung dengan gliserol. Menurut Winarno (2002) gliserida yang umumnya terdapat pada lemak minyak yaitu trigliserida. Trigliserida akan terbentuk bila tiga asam lemak beresterifikasi dengan satu molekul gliserol.

Minyak Kelapa Virgin (VCO)
VCO memiliki banyak manfaat dalam dunia industri dan kesehatan. Dalam dunia perindustrian, VCO dapat digunakan sebagai bahan dasar kosmetik. VCO dapat digunakan untuk kulit agar tetap halus, lembut serta untuk rambut agar berkilau. Susunan molekuler VCO memberikan tekstur lembut dan halus pada kulit dan rambut sehingga sekarang industri sabun, sampo, dan produk perawatan tubuh banyak menggunakan VCO.
Dalam dunia kesehatan, VCO diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Suhirman dalam suara pembaharuan (2004) mengemukakan bahwa VCO dapat digunakan untuk melangsingkan tubuh. Minyak yang beraroma gurih ini diyakini dapat meningkatkan metabolisme tubuh, antivirus/antibakteri serta dapat menanggulangi beraneka macam penyakit, VCO mampu mengatasi penyakit degeneratif seperti diabetes melitus, jantung, kolesterol, osteoporosis, kanker, HIV/AID.

Pengolahan Minyak Kelapa Virgin (VCO)
Teknologi pengolahan minyak kelapa yang dikembangkan baik melalui proses tradisional, pengolahan basah, pengolahan kering dan enzimatis. Teknologi pengolahan VCO yang berkembang di Indonesia adalah pemanasan bertahap, pemancingan minyak dan fermentasi.


BAB III
ASPEK MANAJEMEN
Aspek Manajemen merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari beberapa  aspek kajian dalam sebuah laporan studi kelayakan bisnis. Keberhasilan suatu proyek/kegiatan yang telah dinyatakan feasible untuk dikembangkan, sangat dipengaruhi oleh peranan manajemen dalam pencapaian tujuan proyek/kegiatan.  Aspek manajemen dalam studi kelayakan bisnis menyangkut fungsi-fungsi manajemen secara umum/makro, yang meliputi fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan (POAC). Adapun penjabaran dari fungsi-fungsi manajemen tersebut diatas, diuraikan sebagai berikut :

A.    Perencanaan

Dalam semua kegiatan yang bersifat manajerial untuk mendukung usaha-usaha pencapaian tujuan, fungsi perencanaan haruslah dilakukan terlebih dahulu daripada fungsi-fungsi pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Pada prinsipnya perencanaan ditetapkan sekarang dan dilaksanakan serta digunakan untuk waktu yang akan datang, sehingga perencanaan merupakan fungsi dasar bagi seluruh fungsi-fungsi manajemen.  Sebelum masuk kedalam proses Perencanaan, ada baiknya memahami  bagaimana bentuk-bentuk perencanaan itu sendiri.
Perencanaan memiliki bentuk-bentuk sebagai berikut :
1. Tujuan (objective). Merupakan suatu sasaran dimana kegiatan itu diarahkan dan diusahakan untuk sedapat mungkin dicapai dalam jangka waktu tertentu, dan diketahui oleh semua orang yang terlibat.
2. Kebijakan (Policy) Adalah suatu pernyataan atau pengertian untuk menyalurkan pikiran dalam mengambil keputusan terhadap tindakan-tindakan untuk mencapai tujuan. Karena kebijakan ini biasanya tidak tertulis, maka seringkali sulit untuk dipahami oleh para bawahan.
3. Strategi (Strategy) Merupakan tindakan penyesuaian dari rencana yang telah dibuat. Perlunya diadakan penyesuaian disebabkan oleh adanya berbagai macam reaksi. Karena itu dalam membuat strategi haruslah memperhatikan beberapa faktor seperti ketepatan waktu, ketepatan tindakan yang akan dilakukan dan lain sebagainya.
4. Prosedur (Procedure) Merupakan rangkaian tindakan yang akan dilaksanakan untuk waktu mendatang. Adanya prosedur akan lebih memudahkan pelakanaan semua aktivitas dalam organisasi.
5.   Aturan (Rule) Adalah suatu tindakan yang spesifik dan merupakan bagian dari prosedur.
6. Program (Programe) Merupakan campuran antara kebijakan prosedur, aturan dan pemberian tugas yang disertai dengan suatu anggaran (budget); semuanya ini akan menciptakan adanya tindakan. Dalam organisasi, biasanya program dibuat dalam dua macam, yakni Program Umum dan Program Khusus. Program Umum meliputi seluruh organisasi, sedangkan program khusus hanya mencakup kegiatan-kegiatan dari masing-masing bagian yang ada dalam organisasi tersebut.

Kegunaan perencanaan adalah :
1.Mengurangi ketidakpastian serta perubahan pada waktu mendatang;
2. Mengarahkan perhatian pada tujuan;
3. Memperingan biaya;  
4. Sarana untuk mengadakan pengawasan
Adapun proses penysunan perencanaan dalam sebuah kegiatan/proyek khususnya dalam Industri VCO ini adalah :
1. Menentukan tujuan dan orientasi proyek/kegiatan;
2. Menetapkan Produk/barang apa yang dapat dan akan dihasilkan;
3. Menentukan Pelaratan apa saja yang dibutuhkan;
4. Bagaimana memperoleh bahan baku atau bahan penolongnya;
5. Berapa banyak tenaga yang diperlukan (baik ahli maupun non ahli);
6. Berapa besarnya biaya/budget yang diperlukan;
7. Bagaimana sistem distribusi dan pemasarannya;
8. Kebijakan dan strategi yang bagaimana guna mendukung pencapaian tujuan;
9. Bagaimana prosedur kerja yang akan dijalankan;
10. Kapan kegiatan/proyek tersebut dilakukan;
11. Berapa alokasi waktu yang dibutuhkan;
12. Menetapkan standar sebagai suatu kriteria untuk mengukur hasil pekerjaan.

B. Pengorganisasian
Setiap organisasi memiliki tiga komponen pokok, yaitu :
1. Personalia;
2. Fungsi;
3. Faktor-faktor fisik
Pengorganisasian merupakan sebuah proses menciptakan hubungan antara berbagai fungsi, personalia dan faktor-faktor fisik agar semua pekerjaan yang dilakukan dapat bermanfaat serta terarah pada suatu tujuan. Hubungan-hubungan yang timbul didalam organisasi dapat berbentuk :
1. Hubungan Informal. Lebih banyak menyangkut pada hubungan manusiawi, seperti hubungan- hubungan diluar tugas/pekerjaan, dan hubungan-hubungan lain yang bersifat tidak resmi.
2. Hubungan Formal. Merupakan bentuk hubungan yang dilakukan dengan sengaja. Secara resmi hubungan formal ini ditunjukkan didalam bagan organisasi, pedoman organisasi atau deskripsi jabatan yang ada.
Dalam hubungan formal terdapat tiga hubungan dasar, yaitu : Tanggung jawab, Wewenang, Pertanggungjawaban
Pengelompokan kegiatan atau aktivitas serta tenaga kerja ke dalam bagian-bagian didalam sebuah organisasi dapat didasarkan pada beberapa faktor, yaitu :



1. Didasarkan pada suatu angka;
2. Didasarkan pada waktu;
3. Didasarkan pada fungsi perusahaan;
4. Didasarkan pada luas daerah operasi;
5. Didasarkan pada jenis barang yang dihasilkan;
6. Didasarkan pada jenis langgganan.


Setiap bentuk struktur organisasi yang baik harus memiliki dua karakteristik  dasar, yaitu :
1. Keseimbangan dalam organisasi. Sebuah organisasi dapat dikatakan imbang bilamana kepada masing-masing bagian/fungsi dialokasikan modal dan tenaga kerja yang sesuai dengan kontribusi yang dihasilkan guna pencapaian tujuan.
2. Fleksibel. Merupakan kemampuan dari struktur organisasi untuk menyesuaikan diri terhadap semua perubahan-perubahan yang terjadi, seperti perubahan kegiatan, jumlah karyawan dan kemampuan kerja, formasi jabatan dan sebagainya.
Adapun proses pengorganisasi adalah sebagai berikut :
1. Menetapkan alokasi tenaga dan kemampuan kerja serta faktor-faktor  pendukung lainnya;
2. Penentuan dan pengelompokkan fungsi, beban kerja serta tanggung jawab  bagi semua anggota organisasi;
3. Pendelegasian wewenang berdasarkan hierarki tanggung jawab dari masing-masing kelompok;
4. Menetapkan standar kerja sebagai bagian dari bentuk pertanggung jawaban.
Kemampuan untuk survive atau berkembangnya suatu usaha tidak lepas dari kemampuan pengusahanya dalam mengelola keuangan perusahaannya. Setiap rupiah uang yang berhasil dihimpun digunakan untuk pembiayaan dalam operasional usaha secara tepat guna dan berdaya guna. Manajemen keuangan yang sederhana yang diterapkan oleh pelaku usaha yang menggunakan eceng gondok sebagai komoditas mampu melestarikan kelanjutan usahanya.
Dari beberapa usaha yang disurvei, ternyata ada yang telah menggunakan kredit bank, namun masih ada juga yang menggunakan modalnya sendiri tanpa bantuan kredit dari bank.
Untuk mengetahui kemampuan dari setiap usaha ini mulai dari petani sampai eksportir, akan dilakukan analisis terhadap aspek keuangannya. Dalam melakukan analisis aspek keuangan ini diawali dengan menetapkan berbagai asumsi yang berhubungan dengan aspek pemasaran dan aspek teknis produksi sebagaimana telah diuraikan di atas. Kemudian dilanjutkan dengan penyusunan kebutuhan dana baik untuk modal kerja maupun investasi setiap kegiatan dalam usaha tersebut.
Diteruskan dengan perkiraan proyeksi laba rugi serta arus kas usaha. Dengan mengetahui hasil analisis keuangan ini termasuk di dalamnya net present value (NPV) dari setiap rupiah yang diperoleh pada masa datang, berapa lama masa payback periodnya, berapa besar tingkat benefit & cost rationya maka prospek pembiayaan usaha ini dikemudian hari akan dapat diketahui.


BAB IV
ASPEK PEMASARAN

A. Permintaan dan Penawaran Minyak Kelapa
Industri yang menggunakan bahan baku minyak kelapa baik dari bahan olahan kopra atau kelapa segar adalah industri minyak goreng, minyak kelapa dimurnikan, desicated coconut, makanan dan minuman lainnya. Perkembangan penawaran dan permintaan minyak kelapa Indonesia dapat dilihat pada Tabel 3.1.
Pada tahun 2001, total produksi minyak kelapa Indonesia adalah 693,8 ribu metrik ton. Sebagian besar, yaitu 395,02 ribu metrik ton diekspor ke luar negeri sehingga total penawaran domestik adalah 278,82 ribu metrik ton. Permintaan berasal dari industri makanan sebesar 215 ribu metrik ton dan penggunaan lainnya sebesar 63,82 ribu metrik ton. Dengan penawaran dan permintaan seperti itu, kebutuhan domestik masih belum tercukupi sebesar 20 ribu metrik ton. Konsumsi minyak kelapa domestik rata-rata per kapita tahun 1996, menurut data BPS adalah 0,1 liter per minggu. Konsumsi ini paling tinggi diantara konsumsi minyak dan lemak lainnya yang berkisar pada rata-rata 0 - 0,095 perkapita. Pada tahun 2003 pola konsumsi minyak dan lemak tidak jauh berubah, di mana konsumsi minyak kelapa masih cukup tinggi yaitu 0.1 liter per minggu sementara konsumsi minyak lainnya juga antara 0 - 0.01 liter per minggu (BPS, 2003).
Sebagaimana dijelaskan pada bagian sebelumnya bahwa permintaan minyak kelapa Indonesia juga berasal dari luar negeri. Perkembangan permintaan tersebut sangat dipengaruhi oleh konsumsi minyak kelapa dunia. Pada tahun 2001, konsumsi minyak kelapa dunia mencapai 3.366 ribu metrik ton. Konsumsi minyak kelapa tertinggi berasal dari negara-negara Eropa Barat, yaitu 570 ribu metrik ton (20,3%), USA 467 ribu metrik ton (16,6%), India 451 ribu metrik ton (16,1%), Philipina 289 ribu metrik ton (10,3%), Indonesia 228 ribu metrik ton (8,1%), Mexico 123 ribu metrik ton (4,4%) dan negara lainnya 677 ribu metrik ton (24,2%). Permintaan dan penawaran minyak kelapa dunia dapat dilihat pada Tabel 3.2.
Tabel tersebut menjelaskan bahwa konsumsi minyak kelapa dunia mengalami puncaknya pada tahun 1998 yang mencapai 3.635 ribu metric ton dan pada tahun 1999 mengalami penurunan dan cenderung meningkat lagi pada tahun 2000-2001. Pada tahun 2001 pemenuhan konsumsi dunia terhadap minyak kelapa masih kurang sebesar 141 ribu metrik ton.

B. Persaingan dan Peluang
Pada umumnya, minyak kelapa yang diproduksi oleh industri kecil dijual dalam bentuk minyak curah. Persaingan pada usaha ini berasal dari penjualan minyak goreng perusahaan-perusahaan besar yang mempunyai merek dagang tertentu yang berasal dari minyak kelapa sendiri ataupun minyak kelapa sawit namun dijual dalam bentuk minyak curah. Mayoritas persaingan yang terdapat di daerah survei datang dari minyak kelapa yang bermerek. Persaingan dapat diidentifikasi dari: harga, jenis dan mutu, dan penyediaan input.
Meskipun demikian peluang usaha untuk usaha kecil masih tetap baik di daerah survei. Hal ini disebabkan oleh beberapa sebab:
a. semakin langkanya minyak kelapa tradisional akan tetapi permintaan terhadap minyak kelapa ini cenderung meningkat;
b. kecenderungan preferensi konsumen yang semakin tinggi terhadap minyak goreng yang bebas dari bahan pengawet; dan
c. masih tingginya permintaan yang datang dari luar daerah maupun permintaan dari luar negeri 
Peningkatan produksi kelapa telah mendorong peningkatan volume dan nilai ekspor minyak kelapa. Devisa negara yang diperoleh dari ekspor produk kelapa mencapai US$ 320 juta pada tahun 2000 sedangkan perkembangan volume dan nilai ekspor-impor minyak kelapa dari tahun 1968 – 2002.
Tabel tersebut menunjukkan perkembangan volume dan nilai ekspor berfluktuasi yang sangat dipengaruhi oleh kebutuhan dalam negeri yang cenderung meningkat dan harga di pasar internasional. Pada tahun 1968, nilai ekspor minyak kelapa Indonesia hanya mencapai US$ 3,2 juta atau 174,2 metrik ton. Ekspor minyak kelapa Indonesia mencapai puncaknya pada tahun 1997 yang mencapai 6,4 ribu metrik ton dengan nilai US$ 401,65 juta. Sementara itu, pada tahun 2000, ekspor minyak kelapa mencapai 7,3 ribu metrik ton dengan nilai US$ 319,67 juta. Tujuan ekspor utama minyak kelapa Indonesia adalah ke Amerika Serikat, Eropa Barat, Irlandia, Singapura, Malaysia, Bangladesh, India, Srilanka, China, Taiwan, dan Korea Selatan.

C. Harga
Perkembangan harga bahan baku dan minyak kelapa di pasar domestik dan internasional sejak tahun 1996 sampai dengan 2000 sangat berfluktuasi terutama pada tahun 1997-1998. Harga rata-rata kopra dan minyak kelapa di pasar domestik dan internasional selama 5 tahun terakhir dapat dilihat pada tabel-tabel berikut.
Tabel Harga Minyak Kelapa di pasar Spot Domestik dan Forward Internasional tahun 2003-2004

Sumber : BAPPEBTI (2004)
Lebih lanjut, data dari BAPPEBTI menunjukkan bahwa harga komoditas minyak kelapa di pasar berjangka (spot/forward) cenderung untuk meningkat. Data terakhir menunjukkan Rp 6.231 per kg di pasar domestic sedangkan di pasar internasional pada tingkat US$ 645 per ton.

D. Jalur Pemasaran

Jalur pemasaran hasil olahan minyak kelapa usaha kecil di daerah survey ternyata cukup singkat. Jalur pemasaran/distribusi tersebut dapat dijelaskan dengan Gambar 3.1.
Gambar 3.1. Alur Pemasaran/Distribusi Minyak Kelapa Olahan Tanpa Merek
Ada tiga alur pemasaran dari minyak kelapa olahan di daerah survei. Alur pertama adalah dari pengusaha dijual kepada pedagang di pasar tradisional dan kemudian dijual langsung ke konsumen. Alur kedua adalah dari pengusaha yang dijual langsung ke konsumen. Pada alur ketiga, pengusaha menjual produknya langsung pada pedagang eceran yang kemudian dijual ke konsumen.


BAB V
ASPEK TEKNIK PRODUKSI/OPERASI

A. Fasilitas Produksi dan Peralatan
Untuk melakukan proses produksi dengan kapasitas 0 - 2 ton, diperlukan tempat yang terdiri dari tanah dan bangunan yang berukuran 200 m2 – 300 m2. Bangunan untuk pabrik dapat dibentuk sedemikian rupa untuk dapat menampung mesin-mesin dan peralatan lain dalam proses produksi. Ada tiga jenis mesin utama yang digunakan dalam industri pengolahan minyak kelapa. Ketiga mesin tersebut sesuai dengan fungsinya masing-masing,
yaitu:
a. mesin giling untuk menggiling atau memarut daging kelapa segar;
b. mesin peras yang bertujuan untuk mengepress bungkil kelapa yang masih mengandung minyak;
c. mesin penggerak untuk menggerakkan mesin pengepress.
Selain ketiga jenis mesin di atas, diperlukan juga tungku dan alat penggorengan (wajan) yang berukuran kira-kira 1,5 m x 3 m. Tungku ini berguna untuk melakukan penggorengan dalam rangka memisahkan air dan minyak kelapa dari daging kelapa yang sudah dicacah halus. Peralatan lainnya adalah skop dan drum yang berguna untuk memindahkan potongan daging kelapa panas yang digoreng secara manual dari wajan ke mesin peras. Selain itu, diperlukan juga tangki-tangki untuk menampung dan mengendapkan minyak kelapa yang dihasilkan dan pemipaan atau selang untuk mengalirkan minyak kelapa hasil pengolahan dari satu tangki ke tangki yang lainnya.

B. Bahan Baku
Bahan baku industri minyak kelapa adalah daging kelapa baik yang basah atau yang sudah kering (kopra). Kebutuhan akan bahan baku kelapa di Indonesia sebetulnya tidak perlu dikhawatirkan karena Indonesia tercatat sebagai produsen buah kelapa terbesar kedua di dunia setelah Philipina. Pada aspek tertentu, tanaman kelapa dan produknya belum dapat bersaing dengan sumber minyak nabati lainnya. Penelitian yang terus menerus telah dilakukan di Indonesia untuk mendapatkan varietas pohon kelapa yang unggul. Hasil-hasil penelitian tersebut telah banyak membantu para petani untuk memperoleh hasil panen perkebunan kelapa yang baik. 
Oleh sebab itu varietas unggul yang dihasilkan ditujukan selain berdaya hasil tinggi juga sesuai untuk produk-produk alternatif. Balitka telah merekomendasikan beberapa Kelapa Dalam dan Hibrida unggul. Kelapa Dalam ini adalah Mapanget, DMT 3283, Tenga, Bali, Palu, Sawarna, dan Riau, yang menghasilkan 3,0-4,0 ton per ha dan umumnya memiliki harapan yang sesuai untuk bahan baku alternatif. Selain Khina-1, Khina-2, Khina-3, telah ditemukan 4 hibrida baru yang bisa diterima petani yaitu GRAxDMT, GKBxDMT, GKNxDTE, dan GKBxDTE. Data publikasi FAO yang terakhir menyebutkan bahwa luas areal panen kelapa di Indonesia adalah 2,7 juta ha, sedangkan produktivitasper hektarnya adalah 58,43 ribu hektogram. Dengan demikian jumlah total produksi kelapa di Indonesia adalah 15,6 juta metrik ton.

C. Teknologi
Teknologi yang digunakan oleh pengusaha yang menjadi responden dalam penyusunan buku ini adalah teknologi penggorengan kelapa (hot oil immersion drying technology/HOID). Sementara dari penggunaan mesin dan peralatan, dapat disimpulkan bahwa teknologi pengolahan tersebut tergolong pada taraf sedang (madya) dan dari proses produksinya dapat dikatakan sebagai intensif.

D. Proses Produksi
Secara umum urutan proses produksi minyak kelapa sebetulnya hamper sama, meskipun dikerjakan secara tradisional ataupun dengan teknik yang lebih modern baik oleh industri kecil maupun industri skala menengah atau besar. Inti dari proses produksi tersebut adalah memisahkan minyak kelapa yang merupakan bagian paling berharga dari buah kelapa. Minyak kelapa dapat dipisahkan (diekstrak) langsung dari daging kelapa segar atau disebut
sebagai cara basah, atau diekstrak dari daging kelapa yang terlebih dulu dikeringkan (kopra) yang disebut cara kering. Kandungan minyak pada daging buah kelapa tua diperkirakan mencapai 30%-35%. Penggunaan daging kelapa segar sebagai bahan baku akan menghasilkan perbedaan pada proses produksi dari perusahaan dengan skala mikro (rumah tangga) dan perusahaan kecil yang menggunakan peralatan yang lebih modern. Pada usaha skala mikro proses ekstraksi dilakukan pada santan, sedangkan perusahaan dengan pabrik skala kecil proses ekstraksi minyak dilakukan pada hasil penggilingan kelapa.
  Gambar Proses Produksi Minyak Kelapa Cara Basah Kapasitas Pabrik Kecil
                                     Sumber : Data Primer, diolah..
Proses ekstraksi minyak kelapa dengan skala pabrik kecil, dapat dijelaskan dengan langkah-langkah berikut: pertama, daging kelapa segar dicuci bersih dan kemudian digiling atau diparut dengan penggilingan atau parutanKedua, potongan-potongan daging kelapa yang digiling, kemudian dimasukkan dalam wajan penggorengan yang telah berisi minyak goring panas pada suhu 110oC -120oC selama 15-40 menit. Proses ini tergantung dari suhu dan rasio daging kelapa giling dan minyak kelapa yang digunakan untuk menggoreng. Harus diperhatikan bahwa selama proses penggorengan, wajan jangan diisi terlalu penuh karena daging kelapa giling yang digoreng cepat menguap dan menghasilkan minyak sehinga jika terlalu penuh akan bisa tumpah. Meningkatnya suhu dalam wajan akan menghasilkan uap air
dari penggorengan daging kelapa giling. Jika uap tersebut sudah tidak ada lagi berarti penggorengan sudah selesai dan akan terlihat bahwa daging kelapa giling akan berubah warnanya dari warna kekuning-kuningan menjadi kecoklatan.
Ketiga, untuk mempercepat pemisahan butiran kelapa panas dengan unsure minyak dapat dilakukan dengan cara mengaduk-aduknya dengan sendok panjang. Butiran yang sudah berpisah dari minyak kemudian dikeluarkan dari wajan dengan menggunakan saringan berbentuk sekop (serok) yang kemudian dimasukkan pada tong kecil sementara minyak hasil penggorengan dibiarkan mengalir ke tempat penampungan melalui jaringan pipa/selang yang sudah tersedia. Keempat, butiran-butiran kelapa yang sudah dikeluarkan tadi masih mengandung minyak yang banyak. Oleh karena itu, dengan menggunakan gerobak dorong atau secara manual, butiran kelapa diangkat ke mesin peras dan kemudian dilakukan pemerasan. Minyak yang dihasilkan dari proses ini kemudian ditampung di tangki sementara dan kemudian dialirkan pada tangki penyimpanan. Kelima, minyak kelapa dapat langsung dikemas dalam jerigen untuk langsung dijual. Untuk memperoleh mutu minyak kelapa yang lebih baik, biasanya dilakukan proses refined, bleached, deodorized (RBD). Proses-proses ini dapat dilakukan dengan (1) Penambahan senyawa alkali (KOH atau NaOH) untuk netralisasi asam lemak bebas. (2) Penambahan bahan penyerap warna, biasanya menggunakan arang aktif agar dihasilkan minyak yang jernih. (3) Pengaliran uap air panas ke dalam minyak untuk menguapkan dan menghilangkan senyawa-senyawa yang menyebabkan bau yang tidak dikehendaki.

E. Jumlah, Jenis dan Mutu Produksi
Dengan bahan baku dua ton daging kelapa segar, akan dihasilkan sekitar 30-35% minyak kelapa atau sekitar 600 kg-700 kg minyak kelapa. Pada umumnya, minyak kelapa hasil olahan industri kecil mempunyai harum yang khas. Selain itu, warnanya lebih keruh dibandingkan dengan minyak kelapa hasil olahan pabrik besar sehingga perlu diberikan bahan-bahan pemurni, pemutih, dan penghilang bau. Selain memproduksi minyak kelapa, proses produksi juga menghasilkan produk sampingan yaitu: bungkil kelapa, sisa pengepresan. Produk ini dapat dihasilkan sebanyak 20%-25% dari total jumlah input.

Jenis dan Mutu Produk Minyak Kelapa
1. Minyak Kelapa RBD (RBD-Coconut Oil) adalah minyak kelapa yang diproses di pabrik dengan diberi senyawa untuk memurnikan (Refined=R), menjernihkan (Bleaching=B) dan menghilangkan aroma yang kurang sedap (Deodorised=D). Produk ini cukup tahan lama dan biasanya sudah dikemas dengan baik.
2. Minyak Kelapa Tradisional (Traditional Coconut Oil) yakni buah kelapa segar dihancurkan atau diparut, lalu diperas untuk diambil santannya. Santan inilah kemudian dimasak dengan api kecil sampai minyaknya keluar. Minyak hasil olahan ini biasanya tidak tahan lama. Oleh karena itu, setelah produksi biasanya langsung dijual. Meskipun demikian proses RBD juga bisa dilakukan dengan skala yang lebih kecil.
3. Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut Oil/ VCO), minyak ini dihasilkan dengan cara memeras buah kelapa segar untuk mendapatkan minyak tanpa dimasak. Jadi diproses tanpa pemanasan seperti pada pembuatan minyak kelapa tradisional. Oleh karena itu minyak ini juga disebut minyak kelapa ektrak dingin (Cold Expelled Coconut Oil/ CECNO). Keuntungan dengan proses ini yakni minyak yang diperoleh bisa tahan sampai dua tahun tanpa menjadi tengik (rancid), sehingga produk ini sebetulnya tidak lagi memerlukan proses RBD.

F. Produksi Optimum
Produksi optimum yang dapat dihasilkan oleh kapasitas 2 ton daging kelapa akan dihasilkan sekitar 30-35% minyak kelapa atau sekitar 600 kg-700 kg minyak kelapa. Oleh karena itu, dengan menggunakan input sebanyak 2 ton daging kelapa akan diperoleh bungkil kelapa sebanyak 400 kg sampai 500 kg. Produk ini dapat dijual sebagai bahan baku pembuatan industri pakan ternak dengan harga Rp 500 sampai Rp 600 per kg. Dengan demikian, produk hasil olahan minyak kelapa sebetulnya ada dua, yaitu: minyak kelapa dan kethak/bungkil kelapa.


BAB VI
ASPEK KEUANGAN

A. Pemilihan Pola Usaha
Seperti dijelaskan sebelumnya, pola usaha minyak kelapa dapat dikategorikan berdasarkan bahan bakunya. Pola usaha tersebut adalah (1) cara kering dan (2) cara basah. Cara kering umumnya dilakukan oleh perusahaan besar dengan bahan baku kopra sedangkan cara basah dilakukan oleh perusahaan kecil dengan bahan baku daging kelapa segar. Oleh karena penelitian ini diperuntukkan untuk usaha kecil maka pola usaha yang dipilih adalah pola usaha yang kedua atau cara basah. Lebih lanjut, pemilihan ini juga didasarkan pada penggunaan teknologi yang masih ada (existing technology) pada usaha-usaha pengolahan minyak kelapa di Provinsi Gorontalo, yaitu teknologi penggorengan kelapa atau hot oil immersion drying technology/HOID. Berdasarkan penggunaan mesin dan peralatan teknologi pengolahan tersebut tergolong pada taraf sedang (madya).

B. Asumsi dan Paramete Perhitungan
Beberapa asumsi yang penting dalam mengevaluasi profitabilitas rencana investasi usaha minyak kelapa dapat dijelaskan pada Tabel berikut. Umur proyek diasumsikan selama 5 tahun dan sisanya umur barang investasi dihitung sebagai pendapatan pada akhir periode (tahun kelima).
Tabel Dasar Perhitungan Kelayakan Usaha
Lebih lanjut, harga minyak kelapa hasil pengolahan dijual Rp 5.400 per kg, sedangkan input utama berupa daging kelapa segar dibeli seharga Rp 750 per kg. Kapasitas input optimal pabrik diasumsikan sebesar 2 ton per hari. Kapasitas optimal ini telah dicapai mulai tahun pertama sampai umur proyek berakhir.

C. Komponen Biaya Investasi dan Biaya Operasional
Penjelasan mengenai gambaran biaya investasi dan biaya operasional sebuah usaha pengolahan minyak kelapa, tergantung pada kapasitas produksi yang diinginkan. Dengan kapasitas yang diinginkan tersebut, kemudian diperlukan mesin-mesin dan peralatan pendukung lainnya. Sebagai gambaran, investasi sebuah usaha pengolahan minyak kelapa dengan kapasitas input 2 ton per hari dapat dijelaskan berikut ini.
a. Biaya Investasi.
Untuk membangun sebuah pabrik minyak kelapa dengan kapasitas 2 ton per hari dapat diuraikan pada Tabel berikut  
Total biaya investasi yang diperlukan adalah Rp150.870.000. Sebagian besar dari biaya investasi tersebut adalah untuk membeli seperangkat mesin yang terdiri dari mesin penggiling, mesin pemeras/expeller, dan mesin penggerak dengan 22 tenaga kuda. Komponen biaya lainnya yang cukup signifikan adalah sewa tanah serta pembuatan tungku dan wajan penggorengan yang menghabiskan dana Rp.16.000.000 serta pembuatan tangki yang perunitnya menghabiskan dana Rp18.570.000.

b. Biaya Operasional
Dengan kapasitas 2 ton input daging kelapa akan dibutuhkan biaya operasional per bulan Rp 591.864.000. Biaya ini terdiri dari dua komponen, yaitu: komponen biaya tetap dan biaya variabel. Biaya tetap terdiri dari pemeliharaan mesin/peralatan yang per tahun mencapai Rp 2.400.000. Komponen biaya operasional terbesar adalah komponen biaya variabel. Komponen biaya variabel tersebut sebagian besar digunakan untuk pembelian bahan baku, yaitu daging kelapa segar mencapai Rp 450.000.000 per tahun. Komponen biaya bahan baku ini mencapai 76,03% dari total biaya operasional. Pembelian minyak kelapa untuk pancingan dilakukan untuk proses produksi pada hari pertama saja pada setiap bulan. Tabel berikut menjelaskan secara rinci komponen-komponen biaya operasional per bulan.

d. Kebutuhan Dana Investasi dan Modal Kerja
Pada umumnya, modal investasi untuk mendirikan usaha pengolahan minyak kelapa berasal dari dana sendiri. Idealnya modal investasi tersebut sebagian dapat didanai oleh bank, namun hal tersebut jarang terjadi khususnya untuk usaha kecil. Tabel menunjukkan contoh pembiayaan investasi yang berasal dari dana sendiri sebesar Rp 52.804.500 dan kredit sebesar Rp 98.065.500 atau 35% dana sendiri dan 65% dana dari kredit. Proporsi ini didasarkan pada ketentuan PT. Bank Rakyat Indonesia, Persero, Tbk. Sementara itu, modal kerja juga dibiayai dengan proporsi yang sama dengan pembiayaan investasi yaitu 35% dana sendiri dan 65% kredit bank.
Tabel Kebutuhan Dana Proyek untuk Investasi dan Modal Kerja Sebulan

Dengan demikian, potensi kredit investasi dan modal kerja yang diperoleh pengusaha adalah Rp 130.124.800 yang dalam ketentuan bank yang dimaksud akan dikembalikan dalam jangka waktu lima tahun. Lebih lanjut, tingkat suku bunga pinjaman yang berlaku di bank tersebut pada saat ini adalah 15,5% per tahun sedangkan metode pembayaran angsuran bunga adalah efektif menurun. Angsuran pokok dan angsuran bunga diasumsikan dibayar setiap bulan pada akhir bulan. Dengan menggunakan cara-cara perhitungan tersebut maka, pola angsuran pokok, angsuran bunga, dan total angsuran selama lima tahun dengan pembayaran tiap bulan. Pada tahun pertama jumlah angsuran pokok yang harus dibayar ke bank adalah Rp 26.024.960, sedangkan angsuran bunga yang harus dibayar adalah Rp 18.628.630 sehingga jumlah total angsuran adalah Rp 44.124.800.

e. Produksi dan Pendapatan
Proporsi minyak kelapa yang diperoleh dari bahan baku daging kelapa segar adalah sebanyak 30% dan kethak/bungkilnya 20%. Dengan demikian, produk yang dihasilkan dalam proses pengolahan minyak kelapa di atas dapat di bagi ke dalam dua jenis produk yang bernilai ekonomis, yaitu: minyak kelapa dan kethak/bungkil kelapa. Dengan asumsi bahwa pabrik telah menggunakan 100% dari kapasitas optimalnya yaitu 2 ton per hari daging kelapa segar, maka jumlah produksi minyak kelapa adalah 15 ton minyak kelapa per bulan atau 180 ton per tahun selama umur proyek.

f. Proyeksi Laba Rugi dan Break Even Point
Dengan dasar-dasar perhitungan di atas, maka dapat dihitung proyeksi labarugi dari usaha pengolahan minyak yang diobservasi. Pada tahun pertama sampai tahun kelima proyeksi masih dipengaruhi oleh angsuran kredit. Namun demikian pada tahun pertama perusahaan telah mendapatkan laba sebelum pajak sebesar Rp 92.688.410. Selama periode pertama sampai tahun ke-5, jumlah pendapatan tetap sama yaitu Rp 740.400.000. Akan tetapi pada tahun ke-5 atau akhir tahun proyek, jumlah pendapatan menjadi Rp 794.972.000. Tambahan pendapatan sebesar Rp 54.572.000 diperoleh dari nilai sisa. Pada akhir tahun ke-5, angsuran kredit telah dilunasi sehingga pada tahun-tahun berikutnya profit marjin akan cenderung stabil. Tabel Proyeksi Laba Rugi.
Lebih lanjut, tingkat break even point (BEP) untuk penjualan adalah Rp 278.380.701 pada tahun pertama dan menurun hingga akhir proyek. Dengan demikian, BEP rata-rata penjualan per tahun selama umur proyek adalah Rp229.768.289, sedangkan BEP rata-rata produksi selama umur proyek adalah 109.604 kg per tahun.

g. Proyeksi Arus Kas dan Kelayakan Proyek
Untuk menilai kelayakan investasi usaha pengolahan minyak kelapa dapat dilakukan berdasarkan Net Present Value (NPV), Net Benefit/Cost Ratio (Net B/C), Internal Rate Ratio (IRR), payback period (PBP) usaha dan payback period (PBP) kredit. Nilai kriteria-kriteria tersebut dapat dijelaskan pada Tabel. Perhitungan kriteria NPV dan Net B/C ratio menggunakan Discout Factor (DF) 15,5%. Hal ini didasarkan pada tingkat suku bunga pinjaman per tahun yang dikenakan bank terpilih dalam laporan penelitian ini.
Tabel Hasil Analisis Kelayakan Finansial

Nilai NPV dengan discount factor (DF) 15,5% menghasilkan NPV sebesar Rp 238.926.925, yang berarti layak untuk dilaksanakan. Kesimpulan yang sama juga dapat disimpulkan dari kriteria Net B/C ratio 2,19 yang menunjukkan proyeksi benefit yang diperoleh 1,044 kali lebih tinggi dari biaya yang dibutuhkan. Nilai IRR yang diperoleh mencapai 57,39% yang berarti layak jika dibandingkan dengan tingkat suku bunga aktual sekarang ini yang mencapai antara 15,50%. Sementara itu, berdasarkan arus kas kumulatif maka diperoleh kesimpulan bahwa PBP usaha akan dicapai pada tahun ke-2 atau tepatnya setelah 2 tahun dan 10 bulan sedangkan PBP kredit adalah sebesar 1 tahun dan 3 bulan.

h. Analisis Sensitivitas
Analisis sensitivitas berguna untuk menganalisis seberapa jauh pengaruh perubahan-perubahan pada sisi pendapatan dan atau pengeluaran dalam penilaian layak atau tidak layaknya suatu proyek investasi. Pada kasus usaha pengolahan minyak kelapa ada dua perubahan variabel yang diidentifikasi akan berpengaruh secara signifikan pada kelayakan usaha tersebut, yaitu: penurunan pendapatan dan kenaikan biaya operasional. Perlu diperhatikan bahwa penurunan pada harga minyak kelapa akan berpengaruh bukan hanya pada pendapatan akan tetapi juga berpengaruh pada biaya operasional karena salah satu bahan baku pengolahan ini adalah minyak kelapa itu sendiri yang berfungsi untuk menggoreng/memanaskan. Hasil analisis sensitivitas penurunan pendapatan sebesar 5% persen ternyata tidak berpengaruh pada kesimpulan kelayakan investasi usaha ini. Nilai NPV pada DF 15,5% masih menunjukkan hasil yang positif sedangkan Net B/C ratio juga masih lebih besar dari 1, sedangkan IRR juga masih cukup tinggi jika dibandingkan dengan tingkat suku bunga pasar secara aktual. Dengan demikian meskipun terjadi penurunan pendapatan sebesar 5%, proyek investasi usaha pengolahan minyak kelapa ini masih layak untuk dilaksanakan.



BAB VII
ASPEK LINGKUNGAN HIDUP

Lingkungan hidup perlu diperhatikan dalam rangka pengembangan industry minyak kelapa ini. Beberapa limbah yang layak diperhatikan adalah limbah cair berupa minyak yang tumpah dan gas karbondioksida akibat dari proses pembakaran yang dilakukan selama proses produksi. Selain itu, polusi suara juga dapat terjadi karena penggunaan mesin-mesin dalam proses produksi.
Namun demikian, sebagaimana dijelaskan sebelumnya, limbah cair dan limbah gas serta polusi sebagai efek negatif terhadap lingkungan sebagai akibat dari proses produksi yang dilakukan tidak mempunyai efek yang signifikan dan membahayakan lingkungan di sekitar pabrik.



BAB VIII
ASPEK LINGKUNGAN INDUSTRI
Lokasi Usaha
Usaha pengolahan minyak kelapa dengan skala kecil pada umumnya dapat dilakukan dimana saja. Karena adanya mesin-mesin yang digunakan dalamproses produksi dan adanya limbah cair dan asap, maka sebaiknya lokasi usaha didirikan di luar wilayah pemukiman penduduk. Namun demikian apabila perusahaan dapat meredam kebisingan akibat suara mesin dan ada upaya untuk menampung limbah cair yang tidak berbahaya, maka lokasi usaha yang terletak di dekat pemukiman penduduk juga bisa dilakukan.


BAB IX
ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA

            Studi aspek sumber daya manusia bertujuan untuk mengetahui apakah dalam pembangunan dan implementasi bisnis diperkirakan layak atau sebaliknya dilihat dari ketersediaan sumber daya manusia. Manajemen Sumber Daya Manusia atau MSDM (Human Resources Management) adalah bagian dari fungsi manajemen. Jikalau manajemen menitikberatkan ‘bagaimana mencapai tujuan bersama dengan orang lain’, maka MSDM memfokuskan pada “orang” baik sebagai subyek atau pelaku dan sekaligus sebagai obyek dari pelaku. Jadi bagaimana mengelola orang-orang dalam organisasi yang direncanakan (planning), diorganisasikan (organizing), dilaksanakan (directing) dan dikendalikan (controlling) agar tujuan yang dicapai organisasi dapat diperoleh hasil yang seoptimal mungkin, efisien dan efektif.
Tenaga kerja yang digunakan dalam industri pengolahan minyak kelapa, pada umumnya tidak memerlukan keahlian khusus. Dengan tingkat kapasitas produksi 600 kg minyak kelapa per sekali produksi atau sekitar 2 ton daging kelapa segar, diperlukan sekitar 5-10 orang tenaga kerja. Tenaga kerja yang digunakan dalam usaha ini dapat dibagi dalam tiga kategori yaitu:
 (1) tenaga kerja tetap, yang bertanggungjawab pada proses produksi,
(2) tenaga kerja tidak tetap, yang bertanggungjawab pada proses non produksi (seperti distribusi dan transportasi input-output), dan
(3) tenaga kerja manajemen, yang bertanggungjawab pada pengelolaan usaha secara keseluruhan.
Fungsi operasional dalam Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan basic ( dasar ) pelaksanaan proses MSDM yang efisien dan efektif dalam pencapaian tujuan organisasi/perusahaan. Fungsi operasional tersebut terbagi 5 ( lima ), secara singkat sebagai berikut:
Ø  Fungsi Pengadaan adalah proses penarikan ,seleksi,penempatan,orientasi,dan induksi untuk mendapatkan karyawan yang sesuai kebutuhan perusahaan.( the right man in the right place).
Ø  Fungsi Pengembangan adalah proses peningkatan ketrampilan teknis,teoritis,konseptual, dan moral karyawan melalui pendidikan dan pelatihan. Pendidikan dan latihan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan pekerjaan masa kini maupun masa depan.
Ø   Fungsi Kompensasi adalah pemberian balas jasa langsung dan tidak lansung berbentuk uang atau barang kepada karyawan sebagai imbal jasa (output) yang diberikannya kepada perusahaan. Prinsip kompensasi adalah adil dan layak sesuai prestasi dan tanggung jawab karyawan tersebut.
Ø  Fungsi Pengintegrasian adalah kegiatan untuk mempersatukan kepentingan perusahaan dan kebutuhan karyawan, sehingga tercipta kerjasama yang serasi dan saling menguntungkan.Dimana Pengintegrasian adalah hal yang penting dan sulit dalam MSDM, karena mempersatukan dua aspirasi/kepentingan yang bertolak belakang antara karyawan dan perusahaan.
Ø  Fungsi Pemeliharaan adalah kegiatan untuk memelihara atau meningkatkan kondisi fisik, mental dan loyalitas karyawan agar tercipta hubungan jangka panjang. Pemeliharaan yang baik dilakukan dengan program K3 ( Keselamatan dan Kesehatan Kerja ) .


BAB X
ASPEK EKONOMI

Sebagaimana industri pengolahan lainnya, industri pengolahan minyak kelapa sebetulnya mempunyai dampak positif bagi ekonomi dan sosial, sedangkan pada lingkungan, pada tingkat tertentu mempunyai dampak yang negatif.
Sebagai salah satu bahan makanan, minyak kelapa sebagai minyak goreng mempunyai peranan signifikan dalam perekonomian nasional. Dari aspek ekonomi, perkembangan minyak kelapa akan cukup signifikan meningkatkan pendapatan para petani kelapa. Industri ini juga sangat berperan dalam penyerapan tenaga kerja dan mempunyai multiplier efek yang positif bagi sektor-sektor ekonomi lainnya.


BAB XI
ASPEK HUKUM

Pembangunan proyek ini telah tercantum secara umum dalam undang-undang No.5 Tahun 1984 tentang perindustrian. Disamping undang-undang tersebut, terdapat pula ketentuan yang mengatur mengenai masalah lingkungan hidup seperti Peraturan Pemerintah RI nomor 51 tahun 1993 tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan yang merupakan peraturan baru pengganti Peraturan Pemerintah RI nomor 26 tahun 1986 tentang analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL).
Peraturan pemerintah ini ditindaklanjuti oleh SK Menteri Negara Lingkungan Hidup nomor KEP-10/MENLH/3/1994, dimana pengembangan yang berwawasan lingkungan harus diperhatikan dan dilaksanakan oleh dunia usaha. Peraturan inilah yang menjadi landasan hokum pengembngan industri penyulingan minyak nilam ini.



BAB XII
ASPEK SOSIAL POLITIK

Aspek Sosial
            Tujuan uatama perusahaan adalah mencari keuntungan yang sebesar-besarnya. Namun demikian, perusahaan tidak dapat hidup bersama-sama dengan komponen lain dalam satu tatanan kehidupan yang pluralistis dan kompleks, walau hendaknya selalu berada dalam keseimbangan. Salah satu komponen yang dimaksud adalah lembaga social, sehingga dalam rangka keseimbangan tadi, hendaknya perusahaan memiliki tanggung jawab sosial.
            Perusahaan sebagai lembaga sosial memiliki tugas melaksanakan bermacam-macam kegiatan dalam waktu yang bersamaan. Misalnya perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan VCO, selain membeli bahan baku, mengolahnya menjadi suatu produk yang sangat berkualitas, kemudian mendistribusikannya ke pasar, juga melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti penelitian, penyediaan lapangan kerja bagi masyarakat setempat pada khususnya, dan lain sebagainya. Untuk melaksanakan semua itu perusahaan pengolahan VCO tersebut pasti mempunyai mekanismenya. Perusahaan ini juga tentu meningkatkan mutu hidup para pekerjanya, dimana pekerja yang sudah mempunyai penghasilan mandiri dapat meningkatkan mutu hidup mereka, tergantung bagaimana pola hidup mereka sendiri.

Aspek Politik
            Adanya isu/spekulasi yang timbul akibat kondisi politik yang diciptakan pemerintah akan mempengaruhi permintaan dan penawaran suatu produk, baik itu produk barang maupun jasa.  Jadi, sangat jelas sekali bahwa aspek politik pemerintah secara langsung ataupun tidak langsung sangatlah berpengaruh pada dunia bisnis seperti usaha pengolahan minyak inti kelapa (VCO) di Kabupaten Nias. Semakin kacau kondisi politik suatu daerah/Negara akan berdampak makin kacau pula dunia bisnis yang ada di daaerah/Negara tersebut, begitu jugan sebaliknya, dimana semakin baik kondisi politik suatu daerah/Negara maka semakin baik pula kondisi bisnis didaerah tersebut.



BAB XIII
RESIKO ASPEK KEUANGAN

            Didalam perusahaan, resiko dalam aspek keuangan cukup tinggi. Pada bagian ini resiko keuangan yang akan dipaparkan adalah mengenai :
Ø  Biaya produksi yang berlebihan, biaya produksi yang tinggi akan mengakibatkan harga jual produk yang tinggi pula, sehingga produk akan sulit bersaing di pasar. Cara pengurangan biaya dapat dilakukan dengan beberapa cara, misalnya, melalui efisiensi dan otomatisasi. Efisiensi yang ditingkatkan dapat mengurangi biaya-biaya, tetapi hal ini memerlukan perencanaan yang baik. Otomatisasi merupakan salah satu jalan keuar untuk mengurangi biaya produksi, yaitu dengan mengantikan peran manusia dengan mesin.
Ø  Biaya overheads yang tinggi, bagi perusahaan berskala besar, biasanya biaya per unit produk yang dihasilkan lebih rendah dari perusahaan yang lebih kecil, hal ini karena misalnya pangsa pasar yang dimiliki lebih besar. Bagi industry VCO yang ada di Kabupaten Nias sendiri juga pasti mengalami hal yang sama. Oleh karena itu, pemotongan biaya perlu dilakukan, tetapi hendaknya diprioritaskan pada biaya kegiatan-kegiatan yang tidak signifikan untuk menghasilkan penjualan walaupun tidak mudah melakukannya.
Ø  Utang yang berlebih juga menjadi factor utama penyebab suatu perusahaan mengalami kabangkrutan, hal ini disebabkan karena kurangnya control pada manajemen keuangannya. Oleh karena itu, kiranya setiap perusahaan khususnya Industri VCO di Kabupaten Nias perlu mengendalikan uatang-utang agar terhindar dari kebangkrutan usaha.
Ø  Pinjaman yang berlebihan, disebabkan oleh ketergesaan manajemen seperti investasi yang berlebihan, diversivikasi yang lemah dan investasi pada saat yang tidak tepat. Dan factor ketidakaktifan manajemen seperti kegagalan dalam merespon periode jatuhnya penjualan, kegagalan mencegah jatuhnya penjualan pada lokasi pasar yang ditentukan, dan harga barang terlalu tinggi. Serta factor kenaikan nilai bunga seperti nilai utang yang harus dibayarkan ternyata lebih tinggi, dan kebutuhan akan modal kerja yang juga lebih besar.



BAB XIV
RESIKO ASPEK PEMASARAN

            Kegagalan pemasaran tidak lepas dari banyak permasalahan yang ada, seperti : kebijakan pemerintah, perubahan permintaan di pasar, perang harga, pemalsuan, performance produk yang rendah, promosi yang kurang baik, kesalahan dalam merek, kegagalan dalam mengembangkan produk baru, dan masalah distribusi.
Masalah kebijakan pemerintah seperti : kenaikan pajak akan mengakibatkan naiknya pajak kekayaan atau akan terjadi inflasi yang menyebabkan turunnya permintaan, peraturan pemerintah yang berdampak pada meningkatnya biaya perusahaan. Masalah perubahan permintaan di pasar, produk yang mempunyai daur hidup produk yang pendek sangat sulit untuk dapat bertahan lama. Produk yang tidak memenuhi standar yang diubutuhkan oleh pasar juga merupakan factor penyebab suatu perusahaan mengalami kegagalan dalam menjalankan usahanya.
Masalah perang harga dapat terjadi antar produsen suatu produk sejenis oleh beberapa sebab seperti : dampak dari kapasitas produk, dan kegiatan inovasi yang rendah di pasar serta pasar oligopoly. Pemalsuan atas merek produk merupakan ancaman bagi perusahaan, selain akan mengurangi pendapatan, juga akan mengurangiu reputasi perusahaan karena biasanya kualitas dari barang yang menggunakan merek palsu tersebut tidak sebaik yang aslinya. Performance produk yang rendah akan menghambat proses promosi produk tersebut. Ini sangat berbahaya karena konsumen hanya akan membeli produk yang dapat memuaskan kebutuhannya, sehingga hanya produk dengan kinerja terbaik saja yang akan menjadi pemimpin pasar.
Promosi hendaknya dilakukan secara berencana dan continyu agar efektif sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai. Perlu diingat bahwa konsumen potensial agar mau melakukan action pembelian peerlu mendapat informasi, sedangkan konsumen yang telah melakukan pembelian perlu terus dibina agar melakukan pembelian ulang atau mereka dapat menjadi pemasar tidak langsung oleh karena kepuasan yang mereka terima diinformasikan kepada orang lain. Setiap produk baru yang akan diluncurkan hendaknya bagian riset dan pengembanga poerusahaan telah mantap dengan rancangan produk barunya, sehingga kelak produk baru ini dapat diterima konsumen.
           


BAB XV
RESIKO ASPEK PRODUKSI

            Didalam proses produksi/operasi produk barang dan jasa khususnya produk minyak inti kelapa atau yang lebih dikenal dengan VCO cukup banyak resiko yang perlu diantisipasai. Resiko-resiko tersebut yaitu mengenai :
Ø  Masalah pemasok, resiko terjadi apabila perusahaan mengunakan pemasok yang ternyata tidak memenuhi komitmen yang sudah disepakati, misalnya komponen-komponen yang dibutuhkan ternyata terlambat dikirim atau rusak.
Ø  Kerusakan kualitas produk, misalnya kualitas dan kuantitas barang yang tidak sesuai, misalnya ada barang yang hilang dan mutu produk yang rendah serta karena barang ditawarkan di pasar adalah produk-produk yang tidak aman dikonsumsi. Produsen harus sadar bahwa akan muncul resiko yang disebabkan oleh produknya. Jadi harus sanggup mengidentifikasikan produk yang rusak atau yang tidak aman juga sanggup untuk menarik kembali produk tersebut dari pasar jika diperlukan.
Ø  Berkurangnya daya saing, resiko karena berkurangnya daya saing produk dengan produk sejenis di pasar, misalnya karena desain yang dibuat dengan  teknologi yang sudah tertinggal.
  


BAB XVI
KESIMPULAN

A. Kesimpulan
Ø  Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak dibidang Pengolahan Minyak Inti Kelapa (VCO) di Kabupaten Nias setelah ditinjau dari aspek lingkungan hidup dapat disimpulkan bahwa Industri VCO tersebut sangat layak untuk dikembangkan karena memiliki banyak manfaat dalam dunia industri dan kesehatan. Dalam dunia perindustrian, VCO dapat digunakan sebagai bahan dasar kosmetik. VCO dapat digunakan untuk kulit agar tetap halus, lembut serta untuk rambut agar berkilau. Susunan molekuler VCO memberikan tekstur lembut dan halus pada kulit dan rambut sehingga sekarang industri sabun, sampo, dan produk perawatan tubuh banyak menggunakan VCO. Disamping itu industry VCO ini juga tidak merusak lingkungan.
Ø  Komoditas minyak kelapa dapat dikembangkan sebagai komoditas agroindustri yang layak secara finansial untuk dijalankan di Indonesia khususnya di Kabupaten Nias.
Ø  Berdasarkan analisis sensitivitas, usaha pengolahan minyak kelapa masih layak hingga terjadi penurunan pendapatan sebesar 5%. Penurunan pendapatan sebesar 6% menyebabkan usaha ini menjadi tidak layak karena payback period usaha lebih dari 5 tahun.

B. Saran
Ø  Para petani kelapa diharapkan lebih memahami bahwa nilai tambah produk kelapa yang diolah menjadi minyak kelapa mempunyai nilai tambah yang jauh lebih baik dibandingkan dengan kopra atau kelapa butir
Ø  Perbankan diharapkan tidak khawatir lagi dalam menyalurkan kredit pada industri kecil pengolahan minyak kelapa ini
Ø  Pengusaha kecil pengolahan minyak kelapa ini dapat meningkatkan kapasitas produksinya dengan ekspansi yang pembiayaannya dapat dengan mengajukan kredit investasi atau kredit modal kerja kepada perbankan dan atau pemerintah
Ø  Pemerintah diharapkan juga dapat mendukung tumbuh dan berkembangnya usaha kecil pengolahan industri minyak kelapa ini dengan regulasi yang kondusif dan bisa juga dengan kredit lunak.


DAFTAR PUSTAKA

Dr. Husein Umar, Studi Kelayakan Bisnis. Edisi 3 revisi. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama. 1997.
http://www.google.co.id/#hl=id&source=hp&biw=1358&bih=571&q=industri+vco&aq=f& qi=&aql=&oq=&fp=1102bc494991dbbe.
http://www.google.co.id/#hl=id&source=hp&biw=1358&bih=571&q=industri+vco&aq=f& qi=&aql=&oq=&fp=1102bc494991dbbe.


13 komentar:

  1. nice,
    sangat membantu.

    Ijin copas.

    BalasHapus
    Balasan

    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. waah..artikelnya bagus pas buat saya saat ini membutuhkan advice untuk rencana mendirikan pabrik pengolahan 7 jenis produk turunan dari kelapa,mohon email penulis masuk ke email saya.kita mau ngajak anda sedikit business neh,,serius,thx

    BalasHapus
  3. email saya (iwantirta80@gmail.com)

    BalasHapus
  4. Nama saya Cynthia Johnson. hipotek, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman Hotel, tawaran komersial Umum Mr John Carlson, salah satu harus memperbarui semua situasi keuangan di dunia / perusahaan untuk membantu mereka yang terdaftar pinjaman uang pinjaman pribadi, pinjaman, kredit konstruksi, kredit bunga rendah tingkat modal dll 2%, pinjaman usaha dan buruk pinjaman kredit usaha, start up. Kami membiayai proyek di tangan dan perusahaan Anda / mitra dan saya juga ingin menawarkan pinjaman pribadi untuk klien mereka. hubungi kami melalui e-mail untuk informasi lebih lanjut: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  5. Halo, aku Magret Spencer, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  6. Kabar Baik, Setiap Satu. Nama saya Aris Setymin Dari Indonesia tapi aku tinggal di Prahova Rumania, aku cepat-cepat ingin menggunakan media ini untuk berbagi kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman kredit Legit dan nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput untuk rahmat, saya pernah menjadi miskin wanita tapi dia telah berubah saya untuk orang kaya sekarang, karena saya sekarang dapat membanggakan dari hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan.

    Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet, saya ditipu oleh perusahaan pinjaman lain untuk membayar jumlah total Rp98,700,500, saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi aku memutuskan untuk menghubungi seorang wanita yang baru saja pinjaman diterima secara online, kita membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia bercerita tentang seorang wanita bernama CYNTHIA JOHNSON yang merupakan CEO dari Cynthia Johnson Pinjaman Perusahaan.

    Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman ($520,000.00USD) dengan tingkat bunga rendah dari 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan agunan untuk transfer pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat lisensi kesepakatan dari mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam dan 20 menit pinjaman disetorkan ke rekening bank saya.

    Jadi saya ingin saran siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk cepat menghubungi dia melalui: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini dan saya berdoa agar Tuhan memberkati dia dan keluarganya untuk hal-hal baik yang telah dilakukan di hidupku. Anda juga dapat menghubungi saya di arissetymin@gmail.com untuk info lebih lanjut. dan di sini adalah email dari teman saya: ladymia383@gmail.com yang memperkenalkan saya kepada Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia.

    BalasHapus
  7. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  8. Halo semua,
    Nama saya Marian Savic dari Jakarta di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang untuk menyenangkan hati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, saya mengajukan pinjaman dari sekitar 150 juta dari seorang wanita di Turki dan saya kehilangan sekitar 10 juta tanpa mendapatkan pinjaman, mereka meminta lagi dan lagi untuk biaya, saya membayar hampir 10 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, ada menunjukkan kepada saya sekitar 2 kali dua wanita yang berbeda di Filipina, saya berharap saya akan bertemu kanan orang, tapi aku tidak.

    Tuhan kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja diterapkan untuk pinjaman, dan ia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya kepada Ibu Ivana Luka, CEO GUARANTY KEPERCAYAAN KREDIT, dan saya diterapkan untuk 420 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tapi aku punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena saya diselamatkan dari mendapatkan miskin.

    jadi saya nasihat semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi
    Mrs Ivana Luka melalui email: ivanaluka04@gmail.com

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut melalui email: mariansavic271@gmail.com

    sekali lagi terima kasih untuk semua membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    BalasHapus
  9. Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya

    BalasHapus
  10. Halo Semua, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan kompensasi Asia yang bersatu, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua orang Indonesia yang mencari pinjaman Internet agar berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan penipu dan fraudstars banyak kreditur kredit palsu ada di sini di internet dan ada juga yang asli dan nyata,

    Saya ingin membagikan testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran. biaya. . , Biaya garansi, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang mendapatkan pinjaman onlinenya sendiri, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga 2% rendah, tidak peduli berapa usiaku, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya inginkan adalah membangun bisnis saya dan pinjaman saya mudah disetujui. Tidak ada tekanan dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta dikembalikan, maka uang pinjaman saya disimpan ke rekening bank saya dan mimpiku menjadi kenyataan. Jadi saya ingin saran semua orang segera melamar kepada Mr. Dangote Loan Company Via email (dangotegrouploandepartment@gmail.com) dan Anda juga bisa bertanya kepada Rhoda (ladyrhodaeny@gmail.com) dan Mr. jude (judeelnino@gmail.com) dan Juga Pak Nikky (nicksonchristian342@gmail.com) untuk pertanyaan lebih lanjut

    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email di ladyjanealice@gmail.com

    BalasHapus
  11. Baik Kabar
    Nama saya SUFRIDHA TRISUCI, warga Indonesia, dari Medan kota. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan crutial disarankan untuk semua warga negara indonesia yang mana untuk mencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, Beberapa kreditur ada disini untuk menipu orang dan merobek uang hasil jerih payah mereka tapi Ibu Glory perusahaan berbeda
    Beberapa bulan yang lalu, saya sangat membutuhkan pinjaman tapi bank tidak dapat menawarkan saya, karena mereka memerlukan agunan yang nyata, yang tidak dapat saya menyediakan. Saya memutuskan untuk mengajukan online pinjaman dan Saya ditipu sekitar 200 juta, mencoba untuk membayar biaya tak berujung mereka yang saya tidak pernah tahu itu semua bohong dan cara mereka menipu orang-orang yang tidak bersalah yang membutuhkan pertolongan. Aku hampir mati, sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Glory, pemilik sebuah GLORY PINJAMAN PERUSAHAAN, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya menghubungi dan dia meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp950,000,000 dalam waktu kurang dari 6 jam dari pengolahan dengan tingkat bunga 2% dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Ibu Glory mentransfer kredit saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya

    Saya memutuskan untuk mengingatkan dan berbagi kesaksian saya tentang Ibu Glory, sehingga orang-orang dari Medan dan Indonesia bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Glory melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: sufridhatrisuci12@gmail.com dan Bu dewi Rumapea yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Ibu Glory, Dia juga menerima pinjaman dia dari Ibu Glory. Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: dewiputeri9@gmail.com Sekarang, saya seorang pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Allah SWT terus memberkati Ibu Glory untuk pekerjaan yang baik dalam hidup saya dan bahwa keluarga saya.

    BalasHapus
  12. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus